Monday, March 19, 2012
12:26 PM

Cara Reset Password ROOT di linux


Tutorial cara mereset password root di Linux untuk yang lupa password root nya dan gak bikin akses sudo ....
1. Booting pke LiveCD atau DVD linux kebetulan saya pke Slackware CD1 dan pke CLI (command Line interface)
2. cek dulu partisi root nya dengan ketik
# fdisk -l
misalnya partisi root saya berada di /dev/sda5 maka itu partisi root punya saya yang mau di reset disana...
3. saya lalu mounting partisi root nya ke directory /mnt dengan cara ...
# mount /dev/sda5 /mnt 
4 terus setelah di mount saya pindah ke directory /mnt dengan cara
# cd /mnt 
5. nah setelah itu saya edit menggunakan vim untuk ubah password root nya di file /etc/shadow dengan perintah ...
# vim /etc/shadow ketik i (insert) untuk edit file nya
root:(dikosongkan saja).:15386:0::::: 
yang tanda kurung itu encrypsi dari password nya maka di hilangkan saja, jdi kayak ini
root::15386:0::::: 
6. setelah di edit tekan esc lalu ketik :wq! untuk save dari editor vim nya ...
7. lalu restart dan login sebagai root terus enter ...
8. isi password baru nya dengan syntax
# passwd
untuk yg punya akses sudo gak usah ribet kayak gini tinggal pke
$ sudo su
# passwd 
ok semoga bermanfaat ... ^_^

0 comments:

Post a Comment