Saturday, October 12, 2013
1:03 PM

Memperbaiki GRUB2 openSUSE setelah install Windows

Umumnya, ketika kita ingin dualboot Windows 7 - openSUSE adalah dengan menginstall Windows terlebih dahulu lalu kemudian menginstall openSUSE. Mengapa? Karena bootloader Windows tidak bisa mendeteksi sistem operasi lain. Bootloader openSUSE yang disebut GRUB2 mampu mendeteksi adanya sistem operasi lain, dalam hal ini Windows. Oleh karena itu saat kita ingin dualboot, maka install terlebih dahulu Windows-nya, lalu kemudian install openSUSE setelahnya.

Tetapi pada kasus tertentu, misalnya kita telah menggunakan openSUSE tunggal dikomputer, lalu kita menginstall Windows di partisi yang berbeda dengan openSUSE (dengan tujuan dualboot), maka yang terjadi adalah MBR openSUSE akan 'tertimpa' dengan MBR (Master Boot Record) Windows, dan menyebabkan kita tidak dapat masuk ke openSUSE. Hasilnya, saat kita menyalakan komputer maka akan langsung masuk ke sistem Windows tanpa ada pilihan masuk ke openSUSE lagi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka postingan kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki MBR (GRUB2) yang hilang setelah menginstall Windows.

Alur untuk mengatasi masalah tersebut kira-kira seperti berikut:

1. Masuk ke openSUSE


Mungkin kamu akan bertanya: gimana bisa masuk? MBR-nya kan sudah tertimpa bootloadernya Windows? ". Jawabannya mudah saja, kali ini saya menggunakan program Super Grub2 Disk. Super Grub2 Disk adalah program dalam bentuk file .iso yang berisi GRUB2. Ya, memang seperti GRUB2 portable. Super Grub2 Disk dapat membaca dan mendeteksi berbagai jenis sistem operasi dan memungkinkan kita untuk boot kedalam sistem yang bermasalah tersebut (bermasalah bootloadernya).

Untuk dapat menggunakan Super Grub2 Disk ini, kita harus mem-burn ke dalam CD kosong atau membuat bootable kedalam flashdisk. Disini saya tidak akan membahas teknik memburning ke CD atau membuat bootable ke flasdisk. Kamu bisa menggunakan aplikasi CDBurnerXP (Windows) untuk memburning file .iso tersebut kedalam CD atau kamu bisa menggunakan Unetbootin untuk membuatnya bootable di flashdisk. Saya anggap kamu sudah paham.

Setelah membuat media bootable untuk Super Grub2 Disk, kamu tinggal mengatur BIOS agar booting pertama ke media tersebut (CD atau Flashdisk). Jika pengaturan BIOS benar, maka kamu akan melihat tampilan Super Grub2 Disk seperti berikut:

Pilih Detect any Operating System

super grub2


Maka akan keluar menu booting berikut. Selanjutnya masuk ke menu loader openSUSE. Lihat gambar:

super grub2

Kamu telah masuk ke openSUSE dengan bantuan Super Grub2 Disk. Menuju ke langkah selanjutnya yaitu memperbaiki MBR.

2. Perbaiki MBR (Master Boot Record)


Seperti penjelasan sebelumnya bahwa bootloader openSUSE (GRUB2) dapat mengenali Windows dan tidak berlaku sebaliknya. Maka kita akan menginstall GRUB2 pada MBR untuk menggantikan boot loader Windows yang jelek itu. Langkah-langkah install ulang GRUB2 seperti berikut:

1. Buka terminal sebagai root (atau dengan perintah su pada terminal). Jalankan perintah berikut:
grub
2. Temukan lokasi instalasi GRUB2 sebelumnya. (Ini diperlukan untuk langkah selanjutnya.)
find /boot/grub/stage2
3. Lalu jalankan perintah berikut: (x dan y ditentukan dari hasil output pada langkah nomer 2. JANGAN MEMASUKAN x DAN y )
root (hdx,y)
4. Jalankan perintah berikut: (INGAT NILAI x DIDAPAT DARI LANGKAH NOMER 2.)
setup (hdx)
5. Install ulang grub2 selesai, tinggal keluar.
quit

Setelah selesai, kamu bisa reboot komputer dan seharusnya masalah selesai. Jika masih belum terselesaikan masalahnya berarti kamu belum beruntung, silakan coba lagi. :-D haha

Download Super Grub2 Disk:


0 comments:

Post a Comment