Saturday, November 24, 2012
2:31 PM

Memperbaiki Error Ketika Masuk KDE di Linux

Kadang saya membaca ebook atau artikel sampai larut malam, karena terlalu ngantuk menyebabkan saya menjadi malas untuk menutup aplikasi satu persatu yang pernah saya buka dan langsung menjalankan prosedur turn off komputer.
Mungkin di windows tidak terlalu masalah, tetapi di KDE yang saya gunakan malah menyimpan kondisi terakhir semua aplikasi dan data yang sedang saya buka untuk di buka kembali saat login KDE berikutnya. Alhasil pada suatu saat KDE saya bermasalah dan user saya tidak bisa masuk ke KDE.
Permasalahan yang saya hadapi adalah KDM hang saat login sebagai user biasa dan berhasil masuk saat menggunakan user root (admin di linux)

Walaupun penyelesaiannya agak sulit tapi saya menemukan cara yang gampang walaupun belum terbukti aman..

Ok.. langsung aja.. cara yang saya gunakan adalah :

Direktori Konfigurasi KDE
Di direktori /home/akunkita ada sebuah direktori yang di sembunyikan yang berisi konfigurasi KDE, saya tidak tahu pasti file mana yang error tapi cara gampangnya adalah saya tiban direktori tersebut dengan direktori milik user root.
Di laptop saya yang menggunakan Slackware 14, direktori tersebut adalah /home/imanulyaqin/.kde

  1. Bukan terminal dan login sebagai user root
    $ su
    $ password _ (masukkan password kita..)
  2. Bakup terlebih dahulu direktori .kde kita
    # cp -R /home/akunkita/.kde /home/akunkita/.kdebakup
  3. Timpa direktori .kde kita dengan milik root
    # cp -R /root/.kde /home/akunkita/.kde
  4. Karena pada awalnya seluruh direktori ./kde yang baru adalah milik user root dan group root, skarang kita ganti menjadi milik user kita dan group users
    # chown -R akunkita /home/akunkita/.kde
    # chgrp -R users /home/akunkita/.kde
  5. Selanjutnya coba login KDE kembali dengan user akunkita
Penjelasan
Langkah (1) kita hanya login sebagai root agar memiliki akses lebih, termasuk menyalin sebuah direktori milik root yang tidak boleh disalin oleh user lain
Langkah (2) Kita melakukan bakup sebuah direktori yang awalnya berada di /home/akunkita/.kde disalin ke /home/akunkita/.kdebakup
Jadi jika ada masalah dikemudian hari, atau kita ingin mengembalikkannya tinggal timpa kembali direktori .kde, misalnya dengan perintah :
$ cp -R /home/akunkita/.kdebakup /home/akunkita/.kde
option -R untuk menyalin seluruh direktori dan isinya
Langkah (3) kita menimpa folder .kde milik kita dengan folder .kde milik root (admin)
Langkah (4) Kita mengganti hak kepemilikin seluruh direktori .kde yang baru menjadi milik user akunkita dan milik group users. karena aslinya seluruh direktori ini milik user root dan group root.
Langkah (5) Silahkan mencoba

~Sekian~


0 comments:

Post a Comment