Ada 2 cara untuk mendefinisikan konstanta, yaitu :
- Menggunakan direktive Preprocessor yaitu #define
- Menggunakan conts
Ok, sekarang saya terangkan satu persatu.
1. Menggunakan direktive Preprocessor yaitu #define
Kita dapat menggunakan direktive Preprocessor untuk konstanta yang sangat sering kita gunakan tanpa harus memanggil tipe data. Formatnya begini :
#define nama_konstanta nilai_konstanta
Contoh penggunaannya :
// mendefinisikan konstanta : keliling lingkaran
#include <iostream>
using namespace std;
#define phi 3.14159
int main ()
{
double r=10; // jari-jari
double keliling;
keliling = 2 * phi * r;
cout << keliling;
return 0;
}
Source code di atas menggunakan baris #define phi 3.14159 untuk mendefinisikan konstanta phi dengan nilai 3.14159. Kita juga telah menggunakan tipe data double untuk bilangan desimal.
2. Menggunakan conts
Format penggunaannya:
2. Menggunakan conts
Format penggunaannya:
const type_data nama_konstanta = nilai_konstanta;
Jadi dengan menggunakan conts, kita harus menentukan tipe datanya terlebih dahulu. Contoh penggunaannya:
// mendefinisikan konstanta : keliling lingkaran
#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
const double phi = 3.14159;
double r=10; // jari-jari
double keliling;
keliling = 2 * phi * r;
cout << keliling;
return 0;
}
Bagaimana, sudah pahamkan?
Kedua syntax atau source code diatas ketika di compile dan di run akan menghasilkan output program yang sama, yaitu seperti berikut :
0 comments:
Post a Comment