Thursday, January 9, 2014
9:20 AM

Cara Install Cepat OpenSUSE 13.1 (DVD)

Gunakan prosedur berikut untuk menginstal versi terbaru openSUSE 13.1. Dokumen ini memberikan gambaran singkat tentang cara melakukan instalasi default openSUSE.

1.1 Selamat Datang di openSUSE

Untuk petunjuk instalasi yang lebih rinci baca dokumentasi openSUSE di http://doc.opensuse.org/.

1.2 Persyaratan System

  • Prosesor Pentium* III 500 MHz atau yang lebih tinggi (disarankan Pentium 4 2.4 GHz keatas atau prosesor AMD64 or Intel* EM64T)
  • Ukuran RAM 512 MB (disarankan 1 GB)
  • 3 GB ruang disk yang tersedia atau lebih
  • Resolusi layar 800 x 600 (disarankan 1024 x 768 atau yang lebih tinggi)

1.3 Instalasi openSUSE

Gunakan petunjuk berikut jika sebelumnya tidak ada sistem Linux pada komputer Anda, atau jika Anda ingin mengganti sistem Linux yang sudah ada.
  1. Masukkan keping DVD openSUSE ke dalam drive, kemudian jalankan ulang komputer Anda untuk memulai tahap instalasi.
  2. Pilih Installation pada tampilan boot dan tekan Enter. Ini akan memuat proses instalasi openSUSE dan akan memulai tahap instalasi dalam modus normal.
  3. Pilih bahasa dan tata letak keyboard yang akan digunakan selama instalasi dan untuk sistem yang terinstal.
    Baca License Agreement dan lanjutkan dengan Next jika Anda setuju. Jika tidak setuju, tekan Abort untuk membatalkan proses instalasi.
  4. Pilih New Installation dan lanjutkan dengan Next.
  5. Gunakan peta atau menu drop-down Region dan Time Zone untuk mementukan jam dan zona waktu yang akan digunakan pada sistem Anda. Lanjutkan dengan Next.
  6. Pilih desktop yang ingin anda gunakan. KDE dan GNOME adalah lingkungan desktop yang powerful, dengan KDE hampir mirip dengan tampilan Windows. Alternatif lain juga tersedia ketika anda mengklik Other. Lanjutkan dengan Next.
  7. Tentukan pengaturan partisi untuk openSUSE pada langkah ini. Biasanya pada kasus yang wajar, Anda bisa menggunakan pengaturan yang sudah diusulkan sistem tanpa melakukan perubahan lagi. Terima usulan tersebut dengan Next dan lanjutkan dengan proses instalasi. Untuk pengguna berpengalaman juga dapat menyesuaikan usulan (Edit Partition Setup) atau menerapkan skema partisi mereka sendiri (Create Partition Setup).
  8. Ketik nama lengkap Anda pada kolom User’s Full Name, nama login pada Username, dan kata sandi pada Password.
    Untuk alasan keamanan, sandi Anda harus setidaknya memiliki delapan karakter dan harus berisi huruf besar, huruf kecil dan angka. Kata sandi bersifat case-sensitive (huruf besar dan huruf kecil dianggap berbeda).
    Secara default, kata sandi yang Anda masukkan di sini akan digunakan juga untuk administrator sistem, root. Hilangkan tanda centang pada Use this password for system administrator jika Anda memilih untuk menentukan kata sandi yang berbeda untuk root pada langkah selanjutnya.
    Dengan login otomatis diaktifkan, boot sistem akan langsung masuk ke desktop Anda tanpa proses otentikasi sama sekali. Jika Anda menyimpan data sensitif pada sistem atau komputer ini juga diakses oleh orang lain, Anda seharusnya tidak mengaktifkan opsi ini.
    Lanjutkan dengan Next.
  9. Ketik sandi untuk akun administrator sistem (disebut juga pengguna root ). Tahap ini akan dilewati jika Anda mengaktifkan Use this Password for System Administrator pada langkah sebelumnya.
    Anda jangan pernah melupakan sandi  root . Setelah Anda masukkan di sini, sandi tidak dapat dikembalikan. Sandi hanya dapat diatur ulang dengan administrative assistance. Lanjutkan dengan Next.
  10. Gunakan layar Installation Setting untuk meninjau pengaturan Anda sebelumnya serta beberapa pengaturan yang secara otomatis diusulkan. Jika diperlukan, ubah pengaturannya dengan menu Change.
    Klik Install untuk melanjutkan. Tergantung pada pemilihan perangkat lunak yang dipilih, Anda mungkin harus menerima perjanjian lisensi tambahan dengan mengeklik Accept. Sebelum proses instalasi yang sebenarnya dimulai Anda akan melihat layar berikut:
  11. Klik Install untuk memulai instalasi.
  12. Proses instalasi biasanya membutuhkan waktu antara 15 dan 30 menit. Lamanya proses instalasi tergantung pada kinerja sistem dan software yang dipilih. Selama proses instalasi berlangsung, Anda mungkin sebaiknya melihat presentasi produk, catatan rilis terkini atau rincian log instalasi.
  13. Setelah menyelesaikan proses instalasi dari semua software yang dipilih, instalasi openSUSE akan melakukan booting ke sistem Linux yang baru untuk melakukan konfigurasi sistem secara otomatis. Ini bertujuan untuk mengkonfigurasi jaringan dan akses Internet serta mengaktifkan hardware Anda. Proses ini tidak membutuhkan interaksi apapun.
  14. Jika Anda telah memilih fungsi masuk otomatis sebelumnya, desktop akan dimulai langsung. Jika tidak, Anda akan melihat layar login. Pilih nama pengguna dan ketikkan kata sandi Anda pada kolom Password. Tekan Enter untuk masuk.

0 comments:

Post a Comment