Friday, May 9, 2014
8:03 PM

Unity, Bukanlah sebuah Desktop Environment

Untuk user yang menggunakan Ubuntu 11.04 ++ akan menemui perubahan dari Gnome clasic (Gnome 2) ke Gnome dengan Unity sebagai Shellnya. Shell? jadi bukan DE, karena Unity sebenarnya berjalan di atas Gnome. Berbeda dengan Cinnamon yang bisa diinstall tanpa harus menginstall seluruh perpaketan Gnome, Unity membutuhkan semua perpaketan dasar Gnome.

Unity menggunakan tampilan vertical dock. Berbeda dengan Mate dan Xfce yang menggunakan horisontal task manager. Sehingga butuh pembiasaan bagi user yang migrasi dari Ubuntu lama. Opsi kedua adalah dengan menginstall sesi Gnome classic. Sehingga user bisa tetap menggunakan Tampilan yang lama.


Saya masih belum tahu status dari Unity, apakah sudah native seperti Cinnamon atau masih menjadi Shell di Gnome. Tetapi, Setahuku, Unity masih Masih sebuah Shell.

Kalau Masalah tampilannya, aku akui aku kurang suka. Pertama exit, minimize button terletak di sebalah kiri, jadi bagi pengguna imigran pasti kesulitan. Kedua, sekarang Unity hanya menjalankan 3D mode, Jadi Unity 2D sudah tidak ada dengan alasan hampir semua PC sudah mampu menjalankan Unity 3D. Unity kurang simple menurutku.


0 comments:

Post a Comment