Saturday, June 21, 2014
12:21 AM

Cara memperbaiki partisi hardrive yang hilang dengan menggunakan testdisk di linux

Karna saya bukan windows user, malam ini rencananya mau begadang nginstall ulang iatkos l2 (disebut juga hackintosh 10.7.2 lion) yang pernah crash waktu nyoba nginstall kext (driver) vga intel hd..

ini dia penampakannya yang bikin saya jatuh hati berat dan gagal move on ke os lain.. #eh


Sebenernya proses installnya lancar jaya dan berhasil booting baik ke osx atau ke linux di laptop saya.. masalahnya muncul saat saya coba nyari partisi satu persatu di hardrive.. dan.. eeeng... iing.. eeng.. satu partisi yang besarnya 50Gb hilang.. dan partisi itu berguna untuk menyimpan image dari virtualbox yang sering saya teliti.. jadi virtualbox itu smua datanya ada dipartisi tersebut.. besarnya lumayan 47 gb.. makannya saya sangat berkepentingan untuk mengembalikan partisi tersebut..

percobaan awal saya cuman berhasil mengembalikan partisi tersebut..dan rupanya ada kesalahan dalam pemilihan partisi yang akan saya kembalikan.. alhasil nggak mau booting sama sekali..

dalam setengah keputusasaan tiba2 datang pertolongan dari Allah, ternyata saya pernah bikin usb bootable linux mint didalam salah satu flashdrive.. langsung aja saya coba boot dan nginstall testdisk .. karna didebian based.. perintah untuk menginstallnya menggunakan apt, di distro yang lain menggunakan yum, slackpkg, dst.. (silahkan disesusaikan)..

linuxku~$ sudo apt-get install testdisk


testdisk ini lumayan general.. hampir di semua os ada.. seharusnya testdisk juga ada di hiren boot cd.. atau bootable cd lain.. pembaca bisa menyesuaikan aja..

catatan lagi ternyata osx hanya mengenal satu buah partisi primary (ini pendapat saya ya.. maaf kalo salah.. abis mental nubi kronis :D)

ok lanjut..

ini langkah kerjanya..
jalankan perintah testdisk


pilihan log file adalah catatan log biasa yang berguna untuk dipelajari jika ada kesalahan dalam prosesnya.. kali ini saya pilih no log.. karna belum butuh catatan log..

Pilih hardrive yang akan kita perbaiki struktur partisinya.. di contoh ini saya memilih hardisk seagate 160gb
Pilih jenis partition table.. untuk table yang berjenis mbr atau gpt harusnya kita pilih pilihan yang pertama.. intel

tahap ini kita pilih analyze aja..

hasil dari analyze akan ditampilkan data geometri dari hardrive.. selanjutnya kita pilih quick search ... untuk diketahui pembaca.. partisi di hardrive saya menggunakan format hfs (untuk mac), ext4 (untuk linux), linux swap dan ntfs (untuk data).. dan pilihan quick search ini cukup berhasil untuk memperbaiki struktur partisi saya.. jika pembaca hanya memiliki partisi windows saja seharusnya jauh lebih mudah..
di langkah inilah yang paling menentukan keberhasilan memperbaiki partisi kita..dan sangat ditutuntut kehati-hatian ..

perhatikan gambar diatas.. posisi kursor ada di partisi pertama.. yang perlu kita lakukan adalah menekan panah kesamping untuk memilih jenis partisi.. diantara pillihan (*, P, L, E, D).. jika sudah dipilih.. kita pindah ke partisi berikutnya dengan menekan tombol panah bawah.. setelah itu tekan panah samping untuk memilih jenis partisi seperti tadi.. ulangi lagi sampai semua partisi terpilih..
perhatikan gambar diatas.. untuk partisi pertama saya memilih * (primary bootable).. untuk partisi kedua saya meilih P (primary).. untuk partisi ketiga saya memilih L (logical).. dan partisi ke empat saya memilih L (logical).. dan ternyata pada partisi keempat masih salah.. program memberitahukan bahwa strukturnya salah..

karena ada kesalahan struktur.. partisi ke empat saya coba ubah menjadi P (primary).. ternyata struktur ok.. dan keseluruhan tulisan partisi berubah menjadi hijau.. itu artinya.. struktur sudah bisa di tulis ke MBR.. jika sudah tidak ada perubahan, pembaca tekan tombol enter.. untuk melanjutkan..

langkah terakhir adalah memilih write..tekan enter lalu ok.. dan restart pc anda.. seharusnya struktur hardrive sudah kembali normal..

happy ngoprek..

:D (y)







0 comments:

Post a Comment