Thursday, March 8, 2012
9:47 AM

My first Computer & My Linux

Ini adalah kisah nyata bukan hanya rekayasa ...
harap berhati-hatilah ...
wkwkwkk....

Sebenernya aku mau ceritakan kisah saya mengenal komputer dari dasar sampai mengenal linux sampai kemana...

Pada waktu saya smp kelas 1 udah mulai mengenal soal komputer ya lumayan masih pke ms-dos bukan linux kayak sekarang . heheheh. masa smp biarkan saja deh gak ada yg bagus ini.

Nah cerita nya ini agak sakit hati sampe sekarang, kenapa saya bilang sakit hati. karena Kakak saya yg waktu itu kerja di tempat servis komputer yang lumayan orang tahu kalau tinggal dibandung yaitu di Jaya Plaza, karena waktu itu dia kerja disana sewaktu saya minta diajar tentang Komputer malah di tolak mentah-mentah dan bilang nya gini "Mending urus aja tuh sekolah yang betul jangan ikut-ikutan!" ih sombong amat ...

Sewaktu ketika kakak saya bawa orderan 1 spek komputer, disaat dia tidak ada aku bongkar tuh computer nya terus pasang lagi untuk coba lihat spek nya Compi itu kayak apa sih, akhirnya saya tau sedikit jeroan itu Compi walau kagak tau itu fungsi nya kayak apa paling tidak tahu barangnya dan cara merakit nya. sorry agak nakal dikit gw demi kebebasan dalam pendidikan ga apa2 kan ..???

Nah setelah itu aku tanya sama guru ku yg ngajar di elektronika secara privat tentang spek komputer kayak apa saja maklum keinginan belajar ku tinggi tentang komputer dibanding dengan jurusan saya tentang Elektronika. Oia lupa aku dulu itu sekolah di SMK Kartika Siliwangi -1, ya walaupun galak guru2 nya. Kejadian itu sewaktu saya kelas 1 SMK. Nah ini yang mulai nakal lagi, saya mencari berkas-berkas yang mengenai tentang komputer dan akhirnya ketemu dengan modul tentang komponen dasarnya dari komputer dari vga, motherboard, harddisk, prosessor, powersupply, monitor, keyboard, mouse, printer, dan referall yang lainnya. Nah lumayan nih ilmu bermanfaat juga . hehhehehe...

Nah sekarang waktunya jelasin tentang awal mula pakai linux. Sebenerya sih dulu cuman baca beberapa lembar tentang LINUX dan itu juga kertasnya juga udah jelek banget maklum photocopy an terus lembaran nya juga cuman 3 halaman kalau gak salah dan itu pun gak selesai soalnya ada halaman yang hilang, ya sisanya cuman nanya aja deh... ^_^

Yang pertama saya koleksi Distro linux itu Ubuntu tapi belum berapa lama lah saya gak tertarik soalnya terbilang mudah menurut saya, tapi terserah anda. Saya dan anda berbeda dalam hal pendapat itu yang dimaknai freedom dalam linux. Saya coba-coba lagi distro lain, mendengar tentang Backtrack yang masih pakai basis Slackware waktu itu versi BT 2 dan sampe versi 3 udah saya coba, mendengar waktu itu dari teman saya kalau yang pakai Slackware emang dari dasar banget belajarnya dan emang sengaja seperti itu karena Slackware emang masih vanilla kernel belum di modif oleh pencipta nya. Nah dengan mendengar hal tersebut saya coba cari dan download file iso nya terus saya burning, namun sengaja saya tidak install dan tidak dipakai untuk hacking karena itu semua untuk belajar tentang Linux yang kebetulan yang kebetulan belum punya yang namanya Compi atau Computer.
Pertama kali pakai Backtrack emang agak susah karena sewaktu boot pertama kali cuman CLI (Command Line Interface) dan untuk setting internet lumayan agak belum ngerti tapi itu semua cuman beberapa jam saja karena waktu itu saya ingat dari buku yang pernah di baca tentang linux selalu harus baca README dan manual nya dari settingan apapun atau manual perintah yang harus diikuti dan hukum nya wajib buat baca itu. Beruntung juga saya masih paham tentang bahasa Inggris walaupun itu pasif. :-D
Sewaktu tahun 2011 baru deh ane nyicil dari uang kerja pertama mulai dari casing, prosessor, ram, Harddisk, motherboard, keyboard, mouse, ups, speaker, monitor,dan modem. Saya cicil tuh di sisihkan sebagian buat ke computer dan sisa nya di tabungkan. Kisaran 6 bulan udah jadi itu compi saya cicil sedikit .
nah udah gtu ane nyoba install beneran di compi linux nya, yaitu :
1. Fedora
    Emang sih ringan bawaanya, dukungan komunitas nya banyak cuman agak kurang greget saja.
2. Debian
    wew, ini cocok nya cuman di pakai buat server kurang cocok di desktop user menurut saya.
3. Ubuntu
     wow, keren nih tampilan nya dan cara install nya user-friendly banget tapi kadang gak stabil beda dengan yang pakai Debian yang lebih stabil.
4. Backtrack 5
    saya mau jajal yang Backtrack 5 ini, ternyata kurang stabil juga ini dan berbeda dengan Backtrack versi 2 maupun 3 nya. Gak terlalu banyak error dan bug, yang penting saya pakai itu harus stabil .
5. Slackware
    nah ini saya cicil download nya di tempat kerja saya, lumayan download cd 1 - 6 di ambil langsung selama     2 hari :-D. sampe sekarang saya pakai :-D

     Dan sekarang linux yang saya pakai adalah Slackware. Sekian dengan cerita saya dengan linux . Ini ada gambar Picture desktop saya




0 comments:

Post a Comment