Tuesday, May 29, 2012
1:48 PM

Menginstal file tar.bz2/tar.gz

Dalam dunia linux, perpaketan untuk installasi program adalah paket terbal (tar.gz atau tar.bz2). Yang mana paket tersebut didukung oleh semua distro linux. Termasuk milik ane, Ubuntu dan Linux Mint. Saat pertama kali mencoba untuk menginstall paket tersebut, ane gagal hingga 20 kali. Maklum lah baru newbi dulu (Udah baru, Nuwbi lagi).

Untuk menginstall paket terbal tersebut, saya akan menjelaskan cara yang paling mudah di Ubuntu dan Linux Mint. Pertama yang harus dilakukan adalah mengekstrak file archive tersebut ke direktori home. Emangnya harus home? Enggak harus directori home sih, tetapi jika diletakkan di direktori lain umpama desktop, anda harus mengarahkan terminal ke direktori tersebut dahulu. Lumayan ribet sih, tapi ini yang asik. Ga bisa ngekstrak? gini, klik kanan pada file archive. Kemudian pilih extract here.


Setelah itu tulis perintah ini (jangan lupa buka terminal lho)

cd nama folder/


Saat mengekstrak file archive akan terbentuk folder. Folder itu yang ditulis di depan perintah "cd". Mungkin di mintai password oleh terminal. Masukkan aja password saat penginstalan pertama.

Kemudian masukkan perintah ini
 
sudo su
./configure
make

Sudo su adalah perintah untuk menjadikan akun anda super (user root). Sehingga Mengurangi kendala langkah-langkah selanjutnya.

make install

Jika terjadi eror, silahkan baca tutorial penginstalan pada folder hasil ekstrak tadi. Kalau tidak INSTALL ya READ ME. Atau mungkin kekurangan depedency. Lha ini yang sulit. Harus download dulu dari repository. Kalau Ubuntu alamanya packages.ubuntu.com.

Ada pertanyaan? tinggalkan comment oke...

0 comments:

Post a Comment