Monday, May 28, 2012
5:20 PM

Ubuntu untuk Pemula 1

Hal pertama yang diperlukan oleh pengguna pemula Ubuntu adalah Ubuntu restricted extras. Item tersebut berisi hal-hal dasar agar pengguna nyaman menggunakan Ubuntunya. Berisi codec mp3, avi, flashplayer, dan font. Karena saat saya pakai ubuntu yang dari CD live tidak bisa nyetel lagu-lagu mp3.

Saya asumsikan user  sudah bisa menyambungkan PCnya ke internet. Kita buka terminal dulu. Alurnya buka dashboard ketik terminal. Saat sudah terbuka masuk sebagai user root. Caranya ketik sudo -i. Kemudian masukkan password saat instalasi. Sekarang sudah jadi user root. ketik apt-get install ubuntu-restricted-extras. Akan muncul tulisan-tulisan file-file yang akan diinstall. Jika mengerti bahasa Inggris dibaca dulu juga tidak apa-apa. Itung-itung buat belajar. Baris yang terakhir akan bertanya dan diakhiri dengan [Y/n], jika yakin untuk menginstall Klik y. Kalau tidak klik saja n.


Setelah itu, terminal akan mendownload file-file depedency dan konfigurasi dari repository yang terdaftar. Kita tinggal ngopi dan makan gorengan anget juga tidak apa-apa.

Ketimbang anda bingung dengan cara-cara lama ini. Buka saja Ubuntu software center. Ketikkan kata restricted extras dan cari. Setelah ditemukan klik dan cari tombol install. Sudah beres dan bisa anda lakukan saran asaya untuk ngopi dulu atau cari gorengan anget.

Tetapi sering terjadi bug pada Ubuntu software center. Saya saja ga bisa pakai Ubuntu software center. hehehehe

0 comments:

Post a Comment